9 Februari 2016

Pengertian dan Macam-macam Jenis Adaptasi pada Makhluk Hidup

Pembahasan kali ini akan membahas tentang pengertian adaptasi, macam-macam adaptasi, adaptasi fisiologi, adaptasi tingkah laku dan adaptasi morfologi.

Pengertian Adaptasi

Pernahkah kamu mendengar adaptasi? Apa yang kamu ketahui tentang adaptasi? Apa yang terjadi jika suatu makhluk hidup tidak dapat beradaptasi? Salah satu penyebab kepunahan makhluk hidup adalah ketidakmampuan makhluk hidup untuk beradaptasi dengan lingkungan.

Misalnya, ketika kamu memindahkan seekor ikan yang diambil dari habitat aslinya ke dalam kolam ikan buatanmu sendiri. Beberapa hari kemudian ikan yang kamu pelihara mati.

Kematian ikan ini disebabkan ikan tersebut tidak mampu beradaptasi dengan lingkungan barunya. Maka jelaslah bahwa makhluk hidup yang tidak beradaptasi dengan lingkungannya akan mengalami kepunahan. Jadi, apa yang dimaksud dengan adaptasi?

Pengertian dan Macam-Macam Adaptasi
Contoh Adaptasi pada Makhluk Hidup

Adaptasi adalah kemampuan makhluk hidup untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan hidupnya. Ada beberapa cara penyesuaian diri yang dapat dilakukan, yaitu dengan cara penyesuaian bentuk organ tubuh, penyesuaian kerja organ tubuh, dan tingkah laku dalam menanggapi perubahan lingkungan.

Dari pengertian adaptasi tersebut, ada tiga macam bentuk adaptasi, yaitu:

a. Adaptasi fisiologi,

b. Adaptasi tingkah laku, dan

c. Adaptasi morfologi.

Adaptasi terlihat dari adanya perubahan bentuk luar atau dalam suatu makhluk hidup sesuai dengan situasi dan kondisi lingkungan tempat hidupnya. Perubahan ini bersifat tetap dan khas untuk setiap jenis sehingga bisa diwariskan kepada keturunannya.

Macam-macam Jenis Adaptasi

a. Adaptasi fisiologi

Adaptasi fisiologi
adalah penyesuaian diri makhluk hidup melalui fungsi kerja organ-organ tubuh supaya bisa bertahan hidup. Adaptasi ini berlangsung di dalam tubuh sehingga sulit untuk diamati.

b. Adaptasi tingkah laku

Adaptasi tingkah laku
adalah penyesuaian diri terhadap lingkungan dengan mengubah tingkah laku supaya dapat mempertahankan kelangsungan hidupnya.

c. Adaptasi morfologi

Adaptasi morfologi adalah penyesuaian makhluk hidup melalui perubahan bentuk organ tubuh yang berlangsung sangat lama untuk kelangsungan hidupnya.