21 Oktober 2015

Pengertian, Bagian-Bagian Telinga dan Fungsinya Masing-Masing

Telinga salah satu dari sistem indra pada manusia, maka ada bebrapa hal yang harus kamu pelajari yaitu, telinga bagian luar, pengertian telinga, bagian bagian  telinga dan fungsinya, telinga bagian tengah, telinga bagian dalam dan alat pendengaran manusia.

Telinga 

Telinga merupakan alat indera yang peka terhadap rangsangan berupa gelombang suara. Telinga manusia mampu mendengar suara dengan frekuensi antara 20-20.000 Hz.

Tahukah kamu fungsi dari telinga? Selain sebagai alat pendengaran, telinga juga berfungsi menjaga keseimbangan tubuh manusia.

Pengertian, Bagian-Bagian Telinga dan Fungsinya Masing-Masing
Gambar: Telinga

a. Bagian-bagian telinga

Pernahkah kamu memperhatikan telinga temanmu? Apakah telinga temanmu terdiri atas beberapa bagian? Coba kamu perhatikan gambar berikut.

Telinga manusia dapat dibedakan menjadi tiga bagian, yaitu bagian luar, bagian tengah, dan bagian dalam.

1) Telinga bagian luar

Telinga bagian luar terdiri atas:
a. Daun telinga, berfungsi untuk menampung getaran.

b. Saluran telinga luar atau lubang telinga, berfungsi menyalurkan getaran.

c. Kelenjar minyak, berfungsi menyaring udara yang masuk sebagai pembawa gelombang suara.

d. Membran timpani atau selaput gendang, berfungsi menerima dan memperbesar getaran suara.

2) Telinga bagian tengah

Telinga bagian tengah terletak di sebelah dalam membran timpani. Fungsi dari telinga bagian tengah adalah untuk meneruskan getaran dari suara telinga bagian luar ke telinga bagian dalam.

Pada telinga tengah terdapat saluran Eustachius dan tiga tulang pendengaran.

a. Saluran Eustachius, berfungsi untuk mengurangi tekanan udara di telinga tengah sehingga tekanan udara di luar dan di dalam akan sama.

Keseimbangan tekanan ini akan menjaga gendang telinga supaya tidak rusak. Saluran ini akan tertutup dalam keadaan biasa, dan akan terbuka jika kita menelan sesuatu.

b. Tulang pendengaran, berfungsi untuk mengantarkan dan memperbesar getaran ke telinga bagian dalam.

Tulang pendengaran ada tiga, yaitu tulang martil, tulang landasan, dan tulang sanggurdi. Tulangtulang ini menghubungkan gendang telinga dan tingkap jorong.

3) Telinga bagian dalam Telinga bagian dalam berfungsi mengantarkan getaran suara ke pusat pendengaran oleh urat saraf. Penyusun telinga bagian dalam adalah sebagai berikut.


  • Tingkap jorong, berfungsi menerima dan menyampaikan getaran.
  • Rumah siput, berfungsi menerima, memperbesar, dan menyampaikan getaran suara ke saraf pendengaran. Di dalam saluran rumah sifut terdapat cairan limfe dan terdapat ujung-ujung saraf pendengaran.
  • Tiga saluran setengah lingkaran, berfungsi sebagai alat untuk mengetahui posisi tubuh dan menjaga keseimbangan.