26 Agustus 2017

Jenis-jenis Konjungsi Dan Contoh konjungsi

Jenis-jenis Konjungsi Dan Contohnya


Selamat datang di  GuruIpa.com, Konjungsi atau yang sering kita kenal dengan kata penghubung atau kata sambung. Kata penghubung termasuk kata tugas yang berfungsi menghubungkan antar klausa, antar akalimat, atau antar paragraf. Konjungsi antarklausa diletakkan di di tengah-tengah kalimat, antara induk kalimat dan anak kalimat. Konjungsi antar kalimat diletakkan di awal kalimat. Sedangkan konjungsi antar paragraf diletakkan di awal paragraf.

Kata penghubung antar klausa umumnya terletak di tengah -tengah kalimat. Untuk kata penghubung antarkalimat, biasanya terletak di awal kalimat, setelah tanda titik, tanda tanya, dan tanda seru. Sementata kata penghubung antar paragraf, diletakkan di awal paragraf. Berikut jenis-jenis konjungsi:

A. Konjungsi Intra Kalimat


Konjungsi intra kalimat atau antar klausa adalah kata yang didalamnya mengaitkan atau menggabungkan klausa induk dan klausa anak. Dan biasanya banyak didapati ditengah-tengah kalimat. Di dalam intra kalimat (antar klausa), ada dua jenis kata penghubung atau konjungsi, adalah konjungsi koordinatif dan konjungsi subordinatif, Berikut penjelasannya :

1. Konjungsi Koordinatif


Konjugsi Koordinatif yakni kata penghubung yg menggandengkan dua klausa atau lebih yg memiliki posisi sebanding. sample konjungsi koordinatif merupakan : dan, tetapi, atau, sedangkan, lagi pula, padahal, lalu, kemudian.
Berikut tabel contoh konjungsi koordinatif

Jenis-jenis Konjungsi Dan Contoh konjungsi2. Konjungsi Subordinatif

Konjugsi Subordinatif yaitu kata penghubung yg mengaitkan dua klausa atau lebih bersama kedudukan yg tak sama derajatnya, diantaranya : kala, sejak, agar, seperti, sesudah, jikalau, andai, seandainya, agar, bagai, petitih, maka, karena.
Berikut tabel contoh konjungsi subordinatif

Jenis-jenis Konjungsi Dan Contoh konjungsi


B. Konjungsi Antar Kalimat


Konjungsi antar kalimat yakni kata penghubung yg menggandengkan kalimat yg satu bersama kalimat yg yang lain. Konjungsi antar kalimat ini diperlukan kepada menyebut keuntungan yg berbeda-beda. sample konjungsi antar kalimat diantaranya : oleh sebab itu, namun, sebelum itu, dapat sekalipun, bersama begitu, hanya itu, tidak cuma itu, setelah itu, sebaliknya.