24 Februari 2016

Macam-macam Alat Untuk Mengukur Tekanan Udara

Berikut ini merupakan pembahasan tentang alat untuk mengukur tekanan udara, alat pengukur tekanan udara, alat ukur tekanan udara, alat untuk mengukur tekanan atmosfer.

Alat Pengukur Tekanan Udara

Alat yang digunakan untuk mengukur tekanan udara adalah barometer.

Macam-macam Baromater

Terdapat beberapa jenis barometer, yaitu:

a. Barometer air raksa

Barometer yang digunakan oleh Torricelli termasuk barometer air raksa. Pada barometer air raksa terdapat skala yang menunjukkan tekanan udara dalam cmHg.

b. Barometer air

Barometer air pertama kali dibuat oleh Otto Von Genricke. Prinsip kerja barometer ini sama dengan barometer air raksa, perbedaannya terletak pada zat cair pengisi barometer, yaitu air.

Oleh karena massa jenis air lebih ringan dibanding air raksa maka panjang tabung barometer air lebih panjang dibandingkan tabung barometer air raksa.

Massa jenis air adalah 1.000 kg/m3 sehingga tinggi tabung yang diperlukan untuk mengukur tekanan udara sebesar 1 atm = 76 cmHg = 100.000 Pascal adalah:
           P = ρ . g . h
 100.000 = 1.000 . 10 . h
           h = 10 m

c. Barometer aeroid (logam)

Barometer aeroid terbuat dari logam. Barometer aeroid berukuran kecil sehingga mudah dibawa atau dipindahkan. Perhatikan gambar di bawah ini!
Macam-macam Alat Untuk Mengukur Tekanan Udara
Gambar: Barometer Aeroid

Barometer aeroid terdiri atas sebuah kotak logam yang berisi udara dengan tekanan udara yang sangat rendah. Permukaan barometer dibuat bergelombang.

Jarum penunjuk, pegas, serta angkaangka pada skala barometer berbentuk lingkaran. Barometer ini biasanya digunakan oleh para penerbang dan pendaki gunung.

Demikian pembahasan tentang alat pengukur tekanan udara dilengkapi dengan macam-macam jenisnya beserta gambarnya.