14 Mei 2016

Contoh Penerapan Massa Jenis Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Suatu saat kamu meragukan apakah sebuah cincin terbuat dari emas murni atau tidak. Untuk mengetahuinya, kamu dapat menimbang massa cincin tersebut dengan neraca.

Selanjutnya, ukur volumenya dengan menggunakan gelas ukur. Bagi massa cincin tersebut dengan volumenya. Nilai yang kamu peroleh merupakan massa jenis cincin tersebut.

Jika hasil perhitunganmu adalah 19.300 kg/m3 maka cincin tersebut dapat dipastikan terbuat dari emas murni.

Akan tetapi, jika massa jenisnya kurang atau lebih dari bilangan itu berarti cincin tersebut bukan terbuat dari emas murni, mungkin dicampur dengan logam-logam lain.
Contoh Penerapan Massa Jenis Dalam Kehidupan Sehari-Hari
Gambar: Pesawat terbang dibuat dari bahan aluminium yang massa jenisnya kecil, tetapi kuat

Berikut ini contoh-contoh masalah keseharian yang dipecahkan dengan konsep massa jenis.


  1. Orang zaman dahulu membuat perahu dari kayu yang ringan. Meskipun volume kayu besar, tetapi massanya kecil sehingga massa jenisnya kecil. Oleh karena itu, kayu dapat terapung di air. Benda yang massa jenisnya kecil akan terapung dalam air.
  2. Gas helium banyak dipakai sebagai pengisi balon udara. Massa jenis gas helium lebih kecil dibandingkan dengan massa jenis udara. Akibatnya, helium akan selalu naik dan memberi daya angkat pada balon tersebut.
  3. Pesawat terbang dibuat dari bahan aluminium yang massa jenisnya kecil, tetapi kuat. Dengan demikian, pesawat terbang tidak terbebani oleh bahan pembuatnya yang berat.
  4. Dengan menggunakan hidrometer, massa jenis/kadar larutan asam sulfat dalam aki dapat diukur. Jika massa jenis larutan asam dalam aki kurang maka aki harus diisi kembali agar dapat bekerja dengan baik.

Baca juga:

Pengertian, Rumus dan Daftar Nilai Massa Jenis Tiap-tiap Benda

Pengertian dan Rumus Massa Jenis Relatif

Demikian pembahasan tentang Contoh Penerapan Massa Jenis Dalam Kehidupan Sehari-Hari