24 November 2015

Pengertian Ciri-Ciri, Macam-Macam Serta Perbedaan Gerhana Bulan dan Gerhana Matahari.

Mari kita kaji legih dalam lagi mengenai benda-benda langit yang masih erat kaitannya dengan anggota tata surya tapi sedikit meluas mengenai pengertian gerhana matahari, pengertian gerhana bulan, ciri-ciri gerhana bulan, ciri-ciri gerhana matahari,  perbedaan gerhana bulan dan gerhana matahari, gerhana bulan total, gambar gerhana bulan, gambar gerhana matahari dan gerhana matahari total.

Gerhana matahari dan gerhana bulan

Seperti telah dibahas sebelumnya, bumi selalu berotasi pada porosnya dan berevolusi terhadap matahari. Sementara bulan berotasi pada porosnya, berevolusi pada bumi, dan bersama-sama bumi mengitari matahari. Karena gerakan ini, suatu saat bumi, bulan, dan matahari terletak pada satu garis lurus.

a. Gerhana matahari

Pengertian dan ciri-ciri gerhana matahari

Gerhana matahari adalah jika terjadi posisi bulan terletak antara bumi dan matahari, seperti Gambar dibawah. 
Akibatnya bulan membentuk bayangan di bumi, sehingga orang yang tinggal di belahan bumi tersebut tidak dapat melihat matahari.

Macam-macam gerhana matahari ada tiga macam yaitu gerhana matahari total, gerhana matahari sebagian, dan gerhana matahari cincin.

a. Gerhana Matahari Total

Gerhana matahari total atau disebut juga gerhana matahari sempurna. terjadi jika permukaan bumi tertutupi oleh bayang-bayang umbra bulan. Gerhana ini terjadi hanya di daerah yang terkena umbra (bayangan inti) bulan.


Pengertian Ciri-Ciri Serta Perbedaan Gerhana Bulan dan Gerhana Matahari.
Gambar: Gerhanan Matahari Total

Ukuran bulan lebih kecil dari ukuran matahari, karena itu hanya sebagian kecil permukaan bumi yang benar-benar ditutupi bayangan bulan dan sama sekali tidak mendapatkan cahaya matahari. Daerah ini mengalami gerhana matahari total.

b. Gerhana Matahari Sebagian

Gerhana matahari sebagian terjadi jika permukaan bumi tertutupi penumbra bulan. Jadi, matahari tidak tertutup sempurna oleh bulan.

Pada gerhana matahri sebagian, masih ada bagian matahari yang yang terlihat terang. Waktu berlangsungnya gerhana matahari sebagian lebih lama dibanding dengan waktu berlangsungnya gerhana matahri total. Hal ini karena penumbra bulan lebih luas dari umbra bulan.

c. Gerhana Matahari Cincin

Gerhana matahari cincin terjadi pada saat bulan berada pada titik terjauhnya dari bumi. Pada kedudukan ini panjang kerucut umbra tidak cukup menutupi bumi tetapi perpanjangan umbra bulan yang menutupi bumi.

Daerah di permukaan bumi yang terletak di perpanjangan umbra bulan mengalami gerhana cincin. Di daerah yang mengalami gerhana ini, matahari tampak bercahaya yang bentuknya seperti cincin. Sedangkan di bagian tengahnya tampak kabur.

Pengertian Ciri-Ciri Serta Perbedaan Gerhana Bulan dan Gerhana Matahari.
Gambar: Gerhana Mathari Cincin

b. Gerhana bulan

Pengertian dan ciri-ciri gerhana bulan

Gerhana bulan adalah terjadi saat matahari, bumi, bulan terletak satu garis lurus. Saat gerhana bulan, bumi terletak di antara matahari dan bulan, sehingga cahaya matahari mengenai bumi dan tidak sampai di bulan. Akibatnya bulan tidak memantulkan cahaya sama sekali ke bumi. Keadaan ini disebut gerhana bulan (Gambar dibawah).

Pengertian Ciri-Ciri, Macam-Macam Serta Perbedaan Gerhana Bulan dan Gerhana Matahari.
Gambar: Gerhana Bulan 

Perbedaan Gerhana Bulan dan Gerhana Matahari

Gerhana matahari 
Matahari  ===>  Bulan  ===>  Bumi

Gerhana bulan
Matahari  ===>  Bumi  ===>  Bulan
Gerhana bulan yaitu peristiwa terhalangnya cahaya matahari yang menuju ke bumi oleh bumi. Peristiwa ini mengakibatkan bulan menjadi gelap karena tidak ada cahaya matahari yang dipantulkan. Gerhana bulan terjadi jika posisi matahri, bumi, dan bulan dalam satu garis lurus. Posisi bumi terletak diantara bulan dan matahari.