12 April 2016

Macam-macam Jenis Contoh Termometer Zat Cair

Berikut ini adalah pembahasan tentang contoh termometer zat cair, macam macam termometer zat cair, jenis jenis termometer zat cair.

Contoh Termometer Zat Cair

Termometer zat cair merupakan salah satu jenis dari macam-macam jenis termomter berdasarkan bahannya. Berikut ini beberapa contoh termometer zat cair.

1) Termometer suhu badan

Termometer suhu badan digunakan untuk mengukur suhu badan manusia. Skala yang digunakan dari 35oC sampai 42oC sebab suhu badan manusia berkisar pada suhu tersebut. Karena daerah ukurnya sempit maka termometer ini sangat teliti. Berapakah suhu orang yang sehat?

Pada bagian dekat tabung termometer suhu badan diberi celah sempit dengan maksud raksa yang naik pada pipa tidak segera turun ke bejana sehingga hasil pengukurannya makin teliti setelah digunakan untuk mengukur suhu badan.

Untuk mengembalikan raksa ke kedudukan semula, termometer dikibas-kibaskan sehingga raksa turun kembali ke bejana.
Macam-macam Jenis Contoh Termometer Zat Cair
Gambar: Termometer Suhu Badan

2) Termometer untuk laboratorium

Bentuk termometer untuk laboratorium lebih panjang daripada termometer suhu badan. Biasanya, termometer ini menggunakan raksa atau alkohol yang diberi campuran sehingga mencapai suhu lebih dari 100oC dan suhu kurang dari 0oC. Termometer ini kurang teliti.
Macam-macam Jenis Contoh Termometer Zat Cair
Gambar: Termometer Laboratorium

3) Termometer maksimum dan minimum buatan Six Bellani

Termometer ini menggunakan raksa, alkohol cair, dan uap alkohol sebagai alat pengukurnya. Jika suhu udara naik maka alkohol pada tabung I memuai. Alkohol akan mendorong raksa di kaki a bergerak turun.

Akibatnya, raksa di kaki b akan naik dan mendorong besi penunjuk C2 naik. Makin tinggi suhu udara, makin tinggi letak penunjuk C2. Jika suhu udara turun, alkohol di tabung I akan menyusut sehingga dorongan alkohol di kaki b menyebabkan raksa di kaki itu turun.

Akibatnya, raksa di kaki a naik sambil mendorong penunjuk C1. Makin rendah suhu udara, makin tinggi kedudukan penunjuk C1. Pada saat raksa di kaki b turun, penunjuk C2 tidak ikut turun karena kedua penunjuk itu dilengkapi dengan penjepit untuk menahan agar penunjuk tidak mudah turun.

Untuk mengembalikan kedudukan kedua penunjuk itu digunakan magnet untuk menarik turun kembali.
Macam-macam Jenis Contoh Termometer Zat Cair
Gambar: Termometer Six Bellani

Dengan termometer Six Bellani ini dapat ditunjukkan, yaitu

a) suhu saat itu dengan melihat letak permukaan raksa (pada gambar 15oC);

b) suhu tertinggi (maksimum) dalam jangka waktu tertentu yang dapat dilihat pada kedudukan penunjuk C2 (pada gambar, 25oC);

c) suhu terendah (minimum) dalam jangka waktu tertentu yang dapat dilihat pada kedudukan penunjuk C1 (pada gambar, 10oC).
Termometer Six Bellani ini banyak digunakan di stasiun pemantau cuaca.
Demikian pembahasan tentang contoh termometer zat cair, macam macam termometer zat cair, jenis jenis termometer zat cair.